Senin, 25 Juli 2011

Apa itu Python? Apa gunanya bagi symbian dan bagaimana penggunaanya?

Terkadang kita pasti pernah mendownload atau memasang aplikasi yang membutuhkan python. Aplikasi tersebut tidak dapat terbuka sebelum kita memasang python. Pertama kalinya, saya merasa kesal juga karena harus sibuk-sibuk memasang aplikasi python yang memakan banyak ruang di drive C saya yang memang sudah miskin. Selain itu, terdapat banyak sekali file python yang terpasang di folder-folder Hp. Walaupun filenya hanya seperti text biasa dan tidak terlalu besar, itu membuat saya merasa risih juga.

Pada akhirnya, saya coba-coba mengotak atik file python yang ada di drive saya dan ternyata banyak aplikasi berbasis python yang tidak dapat terbuka. Saya pun mulai bertanya kesana kemari, mencari tahu apa itu python dan mengapa menjadi penting. Setelah lama browsing, akhirnya ada juga penjelasan mengenai python. Berikut penjelasan singkat mengenai python dan kegunaannya. Python tadinya hanya terpasang di PC yang beroperating sistem linux. Python dianggap sebagai bahasa pemrograman yang paling sederhana diantara teman-temannya. Bayangkan saja, hanya dengan aplikasi text editor biasa, kita sudah bisa membuat aplikasi berbasis python. Seiring dengan perkembangan zaman, akhirnya python dapat dipasang pada OS symbian. Hal ini tentunya menjadi gebrakan besar, karena pengguna symbian dapat dengan mudah membuat aplikasi menggunakan bahasa program ini. Lalu apa hubunganya python dengan pys60?
 
Pys60 sendiri merupakan shorten name atau kependekan dari python for symbian 60 device. Artinya pys60 merupakan mana atau sebutan bagi python yang ditujukan bagi OS Symbian. Pada dasarnya python itu terdiri dari modul-modul atau interpretator nya saja. Namun karena lalu lintas aplikasi ini pada, maka banyak versi instalan python yang tidak dapat diseragamkan fungsinya. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan pemasangan python di symbian anda:
  1. Cek apakah python yang anda pasang kompatibel dengan Hp Symbian anda. 
  2. Mencari tahu besar memori yang digunakan dan hapus python versi sebelumnya sebelum memasang yang baru. 
  3. Memutuskan, untuk melakukan pemasangan di drive C atau E (recomended) 
  4. Periksa lah modul-modul tersebut pada folder resource. Usahakan python yang anda install berakhiran .pyc, karena akan lebih cepat dibandingkan yang berakhiran .py. 
  5. Install aplikasi berbasis python pada drive anda menginstal python.
Perlu diketahui bahwa terkadang kita mendapati suatu file instalan yang sudah terintegrasi dengan aplikasi, jadi anda tidak perlu lagi menginstall python script shell. Jika belum ada, pasanglah python script shell atau PED (python editor) untuk membantu atau mendukung anda menggunakan Pys60. Dibawah ini adalah python for drive E yang saya rekomendasikan dan script shell atu penjalan modulnya. Jika anda ingin membuat aplikasi, gunakan lah PED dan bantuan Smartsis.

Python for Drive E: [DOWNLOAD]
TUTORIAL (English) :[DOWNLOAD]

0 komentar:

Posting Komentar